Tuesday, March 6, 2007

[Proyek 100 Soneta Neruda # 000] Sudah 18 Soneta

Proyek penerjemahan 100 Soneta Cinta Neruda saya mulai lagi. Saya membongkar lagi arsip sajak-sajak Neruda. Saya dulu berburu soneta Neruda dengan bantuan mesin pencari di internet. Ada 18 soneta yang secara acak dan asal-sempat sudah saya terjemahkan. Termasuk tiga soneta yang semula saya tidak tahu urutan ke berapa.

Ada juga satu sajak yang saya terjemahkan dua kali dengan hasil yang berbeda. Menarik juga. Bagaimana pun saya tidak bisa memilih salah satu dari kedua sajak yang sama tapi berbeda itu. Saya nanti akan menggabungkan saja keduanya. Daftar soneta yang sudah saya terjemahkan adalah sebagai berikut:

Pagi / Morning / Manana
II. Kekasih, berapa jauh tempuh agar kudapat sekecupan
VII. Datanglah ke dalamku, kataku, tak ada ang tahu
IX. Di bebatu takbisu, datang ombak berhempasan
XI. Aku menggilai mulutmu, suaramu, rambutmu.
XVII. Aku tak mencintaimu bila kau mawar, topazia
XXIV. Amor, Amor, di menara langit bertebaran awan
XXV. Dulu, sebelum aku mencintamu, aku bukan apa-apa:
XXVII. Telanjang, engkau bak seulur tanganmu, sederhana;
XXX. Dari gugus pulau, serat pinus rambutmu,

Siang / Afternoon / Mediodia


XLV. Kau jangan pergi, walau hanya sehari, karena ---
XLVI. Maka semua bintang-bintang yang kukagumi,
XLVII. Kuingin menoleh engkau lagi di cabang-cabang itu,
XLVIII. Dua pencinta berbahagia mengalis roti bersamaan,
XLIX. Hari rekah: semua masa lalu pergi berlalu

Petang / Evening / Tarde
LXVII. Di selatan, hujan lebat sekali mengguyur Isla Negra
LXXVI Pada malam, tambatkan hatimu bagiku,

Malam / Night / Noche
LXXXII. Kekasih, ketika malam, ketika menutup pintu.
XCV. Siapa pernah saling menghasrati seperti kita?