Thursday, December 4, 2003

Aku Tak Mencintaimu Kecuali

Tersebab Aku Cinta Padamu




Sajak Pablo Neruda



Aku tak mencintamu, kecuali karena aku cinta;

Aku berangkat dari cinta, ke tidak cinta,

Aku beranjak dari menantimu ke tak menanti

Hatiku bertukar dari dingin ke kobar api.



Aku mencintamu, karena engkau satu cintaku;

aku sungguh membencimu, dan terus membenci

Takluk, dan ukuran perubahan cintaku padamu:

aku tak melihatmu tapi mencinta membuta hati.



Mungkin cahaya Bulan Januari kelak habis

Hatiku tinggal dengan sifatnya bengis

Sinar, mencuri kunci ke ketenangan sejati.



Pada bagian ini di cerita itu, akulah yang satu

yang mati, aku yang satu, mati tersebab mencintamu

karena aku mencintamu, Cinta, dalam darah dan api.



[Dari versi Inggris: I Do Not Love

You Except Because I Love You]