Wednesday, February 7, 2007

Sekolah Puisi GRAMMATA

1. Sekolah Puisi?

Namanya juga sekolah, tentu saja ini adalah tempat untuk belajar puisi. Ya, tentu saja puisi bisa dipelajari. Dan sesungguhnya berpuisi itu adalah proses belajar yang terus-menerus.

2. Siapa yang Bisa Ikut Belajar?

Siapa saja yang ingin belajar puisi. Siapa saja yang ingin masuk ke relung-relung terdalam puisi. Siapa saja yang mau mencintai puisi. Cinta yang sehat. Cinta yang membuka cinta yang lain, yaitu cinta pada kehidupan pada kemanusiaan, bukan cinta yang membunuh kecintaan pada hal lain di luar puisi. Bukan pula cinta yang membunuh puisi itu sendiri.

3. Bagaimana Metode Belajarnya?

Sekolah puisi Grammata sepenuhnya diselenggarakan lewat internet. Sebuah mailinglist disiapkan sebagai ruang kelas. Di ruang kelas maya itulah diskusi diselenggarakan. Sesekali, berdasarkan waktu yang disepakati akan dibuka diskusi di ruang obrolan YM. Peserta mengirim pertanyaan dan mendapat jawaban ke dan dari mailing list.

4. Apa Buku Pegangannya?

Tak ada yang resmi. Bacaan dan bahan diskusi sedapat mungkin berupa softcopy yang bisa dipertukarkan lewat e-mail.

5. Apa Syarat untuk Ikut Belajar?

a. Anda adalah orang yang ingin belajar puisi, sebagaimana jawaban pertanyaan kedua.
b. Anda punya blog puisi, alamat e-mail, dan punya akses mudah ke internet.
c. Anda mengajukan lamaran ke Kepala Sekolah (hasanaspahani@yahoo.com). Lamaran berupa surat-e (dahului subyek surat-e Anda dengan kata SEKOLAH PUISI) yang berisi alasan kenapa Anda mencintai puisi, dilampiri 3 puisi yang menurut Anda itulah puisi terbaik yang pernah Anda tulis, serta satu sajak penyair Indonesia yang Anda sukai, serta sedikit data diri (umur, pekerjaan, alamat, pendidikan resmi).
d. Minimal pasif, Anda harus bisa berbahasa Inggris. Kenapa? Karena penyair-penyair yang baik di Indonesia umumnya mampu berbahasa asing, minimal bahasa Inggris.

6. Kapan Selesainya?

a.Secara resmi sekolah puisi ini direncanakan akan berlangsung selama setahun. tapi, sekali lagi, belajar puisi itu adalah belajar yang terus menerus.
b. Kelas akan dimulai Maret 2007, berakhir Maret 2008.
c. Pendaftaran dimulai hingga akhir Februari.
d. Nama-nama peserta kelas akan diumumkan awal Maret di PUISINET (www.puisi.net) dan Sejuta Puisi (www.sejuta-puisi.blogspot.com).

7. Berapa Biaya Sekolah?

Gratis.

8. Apa Tujuan Akhir dari Sekolah Ini?

Peserta sekolah puisi di akhir masa belajar diharapkan merasa semakin tidak tahu apakah puisi itu. Semakin kepingin ingin tahu apakah puisi itu. Semakin dalam masuk ke lorong guha puisi. Dan semakin keranjingan menulis dan membaca puisi, dalam rangka mencari jawaban sendiri.

Bumi, Februari 2007
Hormat saya

Hasan Aspahani
Poet Excecutive Officer (PEO) :-) 
Sekolah Puisi Grammata