Tuesday, May 1, 2007

ensiklopuisi: Mimpi

mimpi : I. ada sebuah dunia serupa dunia kita ini,
       entah di bagian mana di keluasan jagat raya.
       Ada engkau dan aku juga di sana, kita yang
       bukan kita. Diam-diam, kita yang ada dunia entah
       di mana itu, mengirim kabar tentang engkau dan aku,
        ketika kita tidur, ketika kita seperti tidak berada di
       dunia kita ini. Diam-diam kita pun mengirim kabar
       ke kita yang bukan kita di sana.

       "Kita menyebut dunia yang disana itu sebagai mimpi,
       sebagai mana mereka menyebut dunia kita yang
       di sini ini juga sebagai mimpi."


       II. ada sebuah panggung, dan kau berada di panggung
       itu melakonkan dirimu sendiri, kau juga duduk di kursi
       penonton, menyaksikan dirimu sendiri. Ketika terbangun
       kau tak tahu pasti, "aku ini adalah aku yang tadi berlakon,
       ataukah aku yang duduk sebagai penonton?"