Thursday, November 30, 2006

[Sajakanak # 009]

Monster Kering Mengintai dari Balik Pot Bunga

TAHUKAH kamu ada monster jahat yang mengintai dari
balik pot bunga? Monster itu bernama monster kering.
Dia suka mengisap air dari bunga-bunga. Kalau
bunga-bunga kehabisan air diisap oleh monster kering,
maka bunga akan layu dan kalau kau tidak
lekas-lekas membunuh monster itu dengan menyiram dia
dengan air segar maka bunga-bunga akan mati.

TAHUKAH kamu, saya perhatikan ulah monster kering
itu di halaman rumah saya. Di halaman rumah
saya ibu saya menanam banyak sekali bunga.
Ada keladi hias dan alokasia. Ada aglaonema
dan diffenbachia. Ada anturium dan spatifilum.
monster kering mengintai semua jenis bunga-bunga.
Ketika tanah dalam pot kering dia segera saja
masuk ke dalam tanah itu dan menghasut akar.

TAHUKAH kamu, saya rajin menyirami bunga-bunga
milik ibu di halaman rumah kami. Sehari dua kali.
Pagi dan sore. monster kering tak berkutik. Tapi
dia tak pernah mau beranjak dari halaman rumah
kami. Dia mengintai di balik pot dan menunggu
saya lupa menyiram bunga. Tapi, saya tak akan
lupa. Apakah ibumu rajin menanam bunga juga?
Apakah kamu tahu ada monster kering mengintai
di balik pot bunga yang ditanam ibumu?