Wednesday, December 3, 2003

Nyanyian Orang Pemalas*

Syair Li Po



Aku sudah dapat patronnya, tapi

terlalu malas untuk memakainya;

Aku sudah punya ladang, tapi

terlalu malas untuk menanaminya.

Rumahku bocor, aku terlalu

malas memperbaiki atapnya.

Pakaianku robek, aku terlalu

malas untuk menambalnya.



Aku sudah punya anggur, tapi

terlalu malas untuk meminumnya;

Sama saja botol angguku kosong.

Aku sudah punya harpa, tapi

terlalu malas untuk memainkannya;

Sama saja harpa itu tak ada senarnya.

Maka istiku memberitahu aku

tak ada lagi roti di rumah;

Aku mau membuatnya, tapi terlalu

malas untuk menggiling gandum.



Teman kerabat menulis surat panjang;

Aku harus membacanya, tapi surat-surat

itu tampak membosankan untuk dibuka.

Aku selalu diberitahu tentang Chi Shu-yeh

"Si Bisu" yang seluruh hidupnya sunyi.

Tapi dia bermain harpa dan

kadang-kadang ia melabur logam,

karena dia tidak semalas aku.



* Dari Versi Inggrisnya: Lazy Mans's Song