Tuesday, February 16, 2010

Kondisi Perpuisian Seperti Apa yang Saya Bayangkan Ada di Negeri Ini? (3)

3. Para Pemulia Bahasa

PARA penyair, saya bayangkan, adalah para pemulia bahasa. Mereka bekerja persis seperti para pemulia tanaman.

Para pemulia tanaman menyilang tanaman, menghasilkan varietas tanaman baru yang unggul. Padi yang lebih banyak hasil panennya, kelapa yang lebih cepat berbuah, tanaman hias yang berwarna lebih cemerlang, semangka yang lebih manis, pepaya yang lebih bergizi, tebu yang lebih tinggi kadar gulanya.



Untuk apa semua itu ditemukan? Untuk dibudidayakan para petani lain yang bukan pemulia tanaman. Lalu hasilnya dinikmati oleh khalayak luas. Itulah kebahagiaan seorang pemulia tanaman.

Pemulia tanaman adalah Petani yang tidak terperangkap pada rutitinas. Dia betah di petak-petak penelitiannya, bukan berteriak-teriak di pasar buah dan sayur.

Dia amat mengenal sifat dan potensi lahannya. Dia sangat tahu karakter tanaman yang dia budidayakan, mahfum bagaimana tanaman itu bereproduksi, dan ia adalah peneliti yang tekun dan sabar. Tidak setiap eksperimen penyilangan langsung berhasil mendapatkan tanaman unggul. Tapi, dia tidak pernah berhenti, sebab dia tahu, ia pasti bisa menghasilkan sejenis varian unggul.