Thursday, December 26, 2002

9 Sajak Kosong, untuk Desain Kaus Oblong



Ini sajak kosong. Jika ada yang menemukan sesuatu dalam kekosongan

itu berarti suatu keberuntungan. Ambil saja. Saya sendiri membayangkan

sajak-sajak ini hanya akan berarti ketika di cetak di kaus oblong dan

kemudian dipakai oleh seseorang. Tabik!








/1/



aku berpakaian

maka aku ada



menurutmu,

apakah yang tiada?



/2/



di dalam tubuh yang sehat,

di luar t-shirt yang hebat!



di antaranya, apa yang kau lihat?



/3/



di suatu tempat, sayang

harus kutanggalkan pakaian ini

dan kau? harus kubantu?

atau kau lakukan saja sendiri



untukku?





/4/



tuan bukan Tuhan, bukan?

tunggu sebentar

saya pakai baju dulu...



/5/



engkaulah yang menyapaku,

"hei, kausmu bagus sekali!"



sejak itu, aku tak pernah

mengenakan kaus ini lagi



sampai hari ini, ketika

kupakai lagi kaus ini



dan kau pun berseru

"hei, rasanya aku pernah

melihat kaus seperti ini!"





/6/



kalau kelak engkau bertemu

seseorang dengan kaus seperti

yang membungkus tubuhku ini,

belum tentu engkau saat itu

bertemu dengan aku, sebab

bisa saja...



/7/



kaus ini sebenarnya, hanyalah

sebuah kaus biasa saja, aku

membelinya di sebuah kios

kaki lima, harganya pun tak

terlalu istimewa, artinya

terjangkau oleh kantung siapa saja



di bagian depan kau baca ada

tulisan - DATANG TAMPAK MUKA -

dan di bagian belakang bisa

kau baca - PERGI TAMPAK PUNGGUNG -



masalahnya aku sering lupa, dan

kerapkali bingung menentukan

mana bagian depan, mana belakangnya



meskipun tentu saja aku selalu

ingat, mana punggunggu dan mana muka



tapi, ah! kenapa aku tak pernah

bisa menegaskan, aku ini sedang

datang ataukah tengah pergi?





* inilah sajak ke-8 dan ke-9 yang

saya janjikan di www.cybersastra.net






/8/



dia hendak membeli kaus di sebuah

kios, dia memilih-milih, sebab

banyak sekalu yang bisa ia pilih, ada

kaus bergambar che guavara, ada

yang bergambar bob marley, ada

yang gambarnya slank, eh sinchan

juga ada, smurf juga, donald bebek,

megawati, asterixz & obelix, VW kodok,

dewa 19, dora emon, iwan fals, winnie

the pooh, gus dur, nirvana, converse,

britney spears, amien rais, limp

bizkits,... dia terus saja memilih

sampai pemilik kios itu bertanya, " Anda,

mau cari kaus seperti apa sebenarnya?



"oh! oh! saya mencari kaus polos saja,

biar bisa kugambar wajahku sendiri,

saudara..."





/9/



inilah kaus yang kau berikan

padaku dulu, "kenakan

saja, sebagai pengganti diriku,"

katamu



aku tahu, di suatu tempat

kau tersenyum, melihat

aku memakai kaus ini.

"lihat! kau terperangkap

dalam diriku," katamu.



des2002