Saturday, December 16, 2006

Kitab Pertanyaan 41-50
Sajak Pablo Neruda


41

Berapa lamakah seekor badak bertahan
setelah ia diharu biru rasa belas kasihan?

Sekarang, buat apakah daun-daun
musim semi itu?

Di musim dingin, apakah dedaunan itu
bertahan hidup di persembunyian akar?

Apa yang dipelajari oleh pepohonan dari bumi
agar bisa bercakap-cakap dengan langit?


42

Apakah dia yang selalu menunggu lebih menderita
daripada dia yang tidak menunggu siapapun?

Di manakah berakhirnya lengkung pelangi,
di hatimu atau di batas cakrawala?

Mungkinkah surga itu ada, tempat bunuh diri,
bintang-bintang yang tak kasat mata?

Di manakah letak ladanganggur baja
dari mana meteor mulai berjatuhan?



43

Siapakah dia, dia yang mencumbutubuhmu
di dalam mimpimu, ketika engkau tertidur?

Kemanakah segala yang ada dalam mimpi berlalu?
Apakah ia melintasi mimpi-mimpi orang lain lagi?

Dan apakah ayah yang hidup dalam mimpimu
kemudian mati lagi ketika engkau terbangun?

Di dalam mimpi, apakah tanaman-tanaman berbunga
dan buah-buah sejatinya menjadi matang?



44
Dimanakah kini aku yang kanakku dulu?
masih ada di dalam tubuhku atau ia sudah pergi?

Tahukah dia bawha aku tak pernah mencintanya
dan dia pun tak pernah mencitai aku?

Kenapa kita menghabiskan banyak waktu
untuk tumbuh besar hanya untuk berpisah?

Kenapa kita berdua tidak meninggal
ketika masa kecil kita telah meninggalkan kita?

Dan kenapa kerangka tubuh saya mengejar saya
ketika ruh saya telah jatuh pergi?



45

Apakah warna kuning pada hutan itu
sama dengan kuning di tahun-tahun kemarin?

Apakah kepakan hitam burung camar
yang kejam menceritakan dirinya sendiri?

Dan apakah akhir dari ruang angaksa itu
disebut kemtian atau ketakterhinggaan?

Mankaah beban yang lebih berat menghantam
duka atau kenangan?



46

Dan apakah nama bulan
di antara Desember dan Januari?

Dengan kewenangan apa mereka menentukan
dua belas anggur sebagai satu kesatuan?

Kenapa mereka tidak memberi kita bulan
yang lebih panjang di sisa tahun-tahun?

Apalah musim semi tidak pernah menipumu
dengan kecupan-kecupan yang tidak pernah mekar?



47

Di pertengahan musim gugur
kau dengarkah ada ledakan-ledakan kuning?

Apa alasannya atau karena kelalimano
apakah yang bikin hujan mengucurkan sukacitanya?

Burung mana yang menuntun jalan
ketika sekawanan burung terbang bersamaan?

Di manakah seekor kolibri menggantungkan
simetrinya yang mempesona itu?



48

Apakah payudara hantu laut itu
cangkang spiral kerang?

Ataukah itu gelombang yang membatu
ataukah buih yang berdiam diri?


Tidakkah padang rumput itu terbakar
bersama kunang-kunang liar?

Apakah penata rambut musim gugur
itu tidak menyisir bunga krisan ini?



49

Ketika sekali lagi saya lihat laut
akanlah laut itu melihat atau tidak melihat saya?

Kenapa gelombang itu bertanya padaku
bertanya yang sama dengan tanyaku?

Dan kenapa mereka menghantam karang
dengan begitu banyak gairah terbuang?

Tidakkah mereka lelah mengulang-ulang
pernyataan mereka kepada pasir?



50

Siapa yang bisa meyakinkan laut
agar bisa jadi masuk akal?

Apa yang di dapat dari amber biru
yang dihancurkan, granit hijau?

Dan kenapa banyak sekali kerutan
dan lubang pada batu karang?

Aku datang dari laut, kemana kini
aku pergi bila laut memutuskan aku?

Kenapa aku menutup jalanan
jatuh ke dalam jebakan lautan?