Monday, September 26, 2011

Sebelum Pagi pada Sebuah Juli

                        : dari sebuah foto digital berpiksel kecil 


JULI  pesisir, bulan kurus tinggal sesisir
cahaya dari langit yang masih saja mentah

menggerimis pada meja, pada gelas kopi
mengacaukan baris warna-warni pelangi

dia yang ke hatiku mengusikkan musik
dengan selantun bisik, lirik-lirik akustik

Where are you going? Looking for answers?

Di dasar gelas itu, aku meringkuk
Dengan kabut padat di mata,
nyaris jadi tangis yang ingin sekali
menyaingi gerimis cahaya tadi

"Ini lagu terakhirku," katanya, dan matanya
menumbuk pada mataku, seperti ada
yang ingin dia tahu (kemana kau pulang?)
dan ingin kuberi tahu (aku tak mau tahu!)

Juli yang nyaris pagi, aku yang hampir terusir
pergi sendiri begitu saja dari diri sendiri

Aku kira, penjaga kafe itu, mengira aku mati
Ia yang menambahkan kopi entah berapa kali

Where are you going? Looking for answers?